WORKSHOP SISTEM PEMBELAJARAN DARING

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang signifikan dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya dalam aspek pendidikan. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan atau wawasan dari internet. Banyaknya sumber yang tersebar di internet memungkinkan masyrakat dapat mengaksesnya melalui smartphone atau gadget.

Dan kini Indonesia tengah dihadapkan dengan tantangan era revolusi industri 4.0. Tak hanya sektor ekonomi, sosial, dan teknologi, namun sektor pendidikan kini juga mau tak mau harus dapat beradaptasi dengan era ini. Perkembangan itu mulai dimanfaatkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikannya. Program tersebut dikenal sebagai program kuliah daring atau sistem e-learningonline learning.

Inilah yang menjadi dasar pertimbangan Fakultas Pertanian melaksanakan WORKSHOP Sistem Pembelajaran Daring dengan Narasumber Fikriani A. Omolu, S.S., M.Hum., M.Pd diruang pertemuan senat Fakultas Pertanian Unismuh Palu yang dihadiri oleh seluruh dosen. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari.

SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) dalam istilah lain sering disebut dengan E-learning atau electronic learning saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengembangan pembelajaran di pendidikan tinggi dan bahkan telah mulai digunakan dalan penyelenggaraan pendidikan di tingkat menengah. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia telah menggunakan fasilitas ini.

Selain itu, salah satu content SPADA atau e-learning yang dapat dioptimalisasi adalah pengembangan media audio visual dalam bentuk video pembelajaran yang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis blended learning yang dikembangkan UNSHal ini sangat diperlukan agar pembelajaran lebih menarik dan diminati mahasiswa.