SOSIALISASI SISTER DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU

Pagi, 14 Februari 2019 Dosen-Dosen Fakultas Pertanian mengikuti  sosialisasi penggunaan SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) yang dilaksanakan di Aula Rektorat Unismuh Palu. Hadir sebagai narasumber yaitu Burhanuddin, S.E., M.M. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Dosen yang ada di Unismuh Palu.

Dalam sosialisasi disampaikan bahwa setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridharma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridharma yang pernah dilakukannya.

Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

Syarat untuk dosen yang dapat menggunakan Portofolio Dosen dalam SISTER adalah harus memenuhi persyaratan yaitu tercatat sebagai dosen tetap dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI), Memiliki NIDN / NIDK / NUP, dan memiliki akun SISTER yang telah disiapkan aksesnya oleh admin SISTER di Unismuh Palu. Hingga saat ini, proses mengisi data yang belum lengkap di SISTER masih sedang berlangsung.